Sunday, January 18, 2015

MUSCAM IV Pemuda/KNPI Toili Barat : Moh. Hasan Terpilih sebagai Ketua PK KNPI Kecamatan Toili Barat


Camat Toili Barat Bpk. Aris Kalatasik membuka MUSCAM IV


Salam Pemuda - Sabtu, 17 Januari 2015, bertempat di salah satu warung makan tepi pantai Desa Pandanwangi Kecamatan Toili Barat, pemuda/KNPI Kecamatan Toili Barat melaksanakan Musyawarah Kecamatan (MUSCAM) IV. Kegiatan Muscam dibuka secara resmi oleh Camat Toli Barat Bapak Aris Kalatasik.

Acara Pembukaan MUSCAM IV yang dilaksanakan dengan tema "Satu Hati, Satu Langkah Wujudkan Kemandirian Pemuda Kecamatan Toili Barat" tersebut dihadiri oleh I Putu Gumi (wakil ketua DPRD Kab. Banggai), Sekcam Toili Barat, Andhy P. Nazaroeddin (Wakil Ketua DPK KNPI, Moh. Narwin Larekeng dan Wawan Nasir (DPK KNPI), beberapa Kepala Desa, Tokoh Pemuda dan perwakilan pemuda dari 17 desa yang ada di Kecamatan Toili barat.
.
Jalannya Pelaksanaan Sidang MUSCAM IV

MUSCAM IV diawali dengan registrasi peserta dan kemudian sidang dinyatakan quorum dan sah untuk mengambil keputusan oleh Pimpinan Sidang Sementara yang terdiri dari Bung Mappantunru (Ketua PK KNPI Kec. Toili Barat), Bung Wawan A. Nasir dan Bung Imanuel Monggesang (unsur DPK KNPI Kab. Banggai). Agenda sidang dilanjutkan dengan pembahasan jadwal acara dan tata tertib Muscam IV dan kemudian memilih Pimpinan Sidang Muscam IV. Pimpinan sidang yang terpilih yaitu bung Imanuel Monggesang (unsur DPK KNPI Kab. Banggai), bung I Kadek Suardika (unsur PK KNPI Kec. Toili Barat) dan Leli Yanti (unsur peserta).

Agenda sidang selanjutnya yaitu Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Ketua PK KNPI Kec. Toili Barat Periode 2011-2014. Bung Mappatunru selaku ketua pun tampil di mimbar yang telah disediakan dan membacakan LPJ. Usai pemyampaian, Pimpinan Sidang memberi kesempatan kepada para peserta sidang untuk menanggapi isi LPJ tersebut dan semua peserta menerima dengan beberapa catatan perbaikan LPJ dan Pimpinan Sidang kemudian menyatakan Pengurus KNPI Kecamatan Toili Barat Periode 2011-2014 demisioner.

I Kadek Suardika, Imanuel Monggesang dan Leli Yanti Pimpinan Sidang MUSCAM IV

Pimpinan Sidang beralih dari Bung Imanuel Monggesang kepada Bung I Kadek Suardika yang memimpin agenda pembagian komisi-komisi. Komisi dalam Muscam IV yaitu Komsisi A yang membahas Kriteria dan Tata cara Pemilihan Ketua, Formatur dan MPI KNPI Kecamatan Toili Barat Periode 2014-2017, Komisi B yang membahas Poko-pokok Organisasi dan Program Kerja KNPI Kecamatan Toili Barat dan Komisi C yang membahas Pokok-pokok Pikiran dan Rekomendasi MUSCAM IV. Namun, sebelum sidang komisi, sidang di skorsing untuk istirahat makan siang. Usai makan siang sidang dilanjutkan dengan agenda sidang komisi.

Pada pukul 14.00 Wita, sidang dilanjutkan dengan agenda pembahasan hasil sidang komisi. Pimpinan Sidang yang semula bung I kadek Suardika dialihkan kepada Leli Yanti. Secara berurutan masing-masing Pimpinan Sidang komisi menyampaikan hasil sidang komisi yang kemudian ditanggapi peserta dari komisi lainnya. 

Usai pembahasan hasil sidang Komisi, sidang dilanjutkan dengan agenda Pemilihan Ketua Pengurus Kecamatan KNPI Kec. Toili Barat Periode 2015-2018. Bung Imanuel Monggesang kembali memimpin jalannya proses pemilihan. Di awali tahapan pendaftaran bakal calon ketua yang dibuka dalam waktu 5 menit. Setelah batas waktu pendaftaran ditutup, terdapat 4 (empat) bakal calon ketua yaitu;1. I Komang Dangin.2. Moh. Hasan.3. Leli Yanti.
4. I Kadek Suardika.

Sebagaimana telah diatur dalam Kriteria dan Tata Cara Pemilihan Ketua, setiap bakal calon ketua harus meraih dukungan minimal 20% dari jumlah delegasi peserta untuk bisa ditetapkan menjadi Calon Ketua.Tahapan pengumpulan dukungan peserta pun di mulai. Dari 13 perwakilan pemuda yang hadir, bung I Komang Dangin meraih 2 dukungan, bung Moh. Hasan meraih 6 dukungan, Leli Yanti meraih 4 dukungan dan I Kadek Suardika meraih 1 dukungan. Dengan demikian maka hanya bung Moh. Hasan dan Leli Yanti yang memenuhi syarat untuk menjadi Calon Ketua. Pimpinan sidang pun melakukan uji kriteria berdasarkan ART KNPI antara lain usia yang tidak melebih 40 tahun. Setelah dilakukan uji krteria dan dinyatakan lulus, Calon ketua disilahkan memaparkan Visi dan Misinya kepada peserta Muscam.

Moh. Hasan dan Leli Yanti, Calon Ketua PK KNPI Kec. Toili Barat

Usai memaparkan Visi dan Misinya, proses pemilihan Ketua PK KNPI Kecamatan Toili Barat dimulai. Sebanyak 15 perwakilan peserta memberikan hak suaranya secara tertutup dengan menuliskan pilihannya di kertas suara yang disediakan panitia. Hasil perhitungan perolehan suara sebagai berikut;
1. Moh. Hasan = 9 Suara
2. Leli Yanti  = 6 suara

Dengan demikian bung Moh. Hasan ditetapkan oleh Pimpinan Sidang sebagai Ketua terpilih PK KNPI Kecamatan Toili Barat Periode 2015-2018.

Selanjutnya proses pemilihan Ketua MPI Kecamatan Bualemo, seluruh peserta sepakat memilih bung Syarifudin Lahaba sebagai Ketua MPI Kecamatan Toili Barat Periode 2015-2018.

Untuk membantu Ketua terpilih dalam menyusun komposisi dan personalia kepengurusan, peserta sidang menetapkan Formatur yang terdiri dari:1. Moh. Hasan (Ketua terpilih) sekaligus Ketua formatur.2. Mappantunru (unsur PK demisioner) sebagai anggota3. Andhy P. Nazaroeddin (unsur DPK KNPI Kab. Banggai) sebagai anggota4. Syarifudin Lahaba (Ketua MPI terpilih) sebagai anggota5. I Komang Dangin (unsur peserta) sebagai anggota.

Pemilihan Formatur merupakan agenda terakhir dari sidang dalam MUSCAM IV KNPI Kecamatan Toili Barat sehinggan usai pemilihan tersebut, sidang pun dinyatakan selesai dan dilanjutkan dengan Acara Penutupan. 

Tepat pukul 16.00 Wita, MUSCAM IV Pemuda/KNPI Kecamatan Toili Barat ditutup dan berfoto bersama.

  




Share On:

0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar anda dengan bijak