Friday, February 27, 2015

JK: KNPI Harus Jadi Pelopor Kemajuan Bangsa

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Jayapura - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengingatkan pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa ke depannya.
Hal itu disampaikan JK di hadapan ratusan anggota dan simpatisan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam Kongres XIV Pemuda/KNPI di Jayapura, Kamis (26/2).
Tak lupa, JK menyampaikan harapannya untuk KNPI ke depannya, yaitu mampu menjadi pelopor kemajuan bangsa mengingat ke depannya yang menentukan adalah yang memiliki kemampuan.
"Kita ingin ke depan KNPI menjadi pelopor dalam bidang kemajuan bangsa dan itu akan menjadikan Anda bersatu di sisi perjuangan bangsa ini," ucap JK.
Namun, JK juga mengingatkan bahwa peran pemuda dalam kemajuan bangsa tak hanya di bidang politik. Melainkan, juga di bidang profesionalisme lainnya.
Menurut JK, tujuan politik pasti akan memecah belah keutuhan dan kesatuan KNPI. Sehingga, yang terpenting ke depan adalah menciptakan pemuda-pemuda yang berjaya dari segi teknologi dan kemampuan lainnya.
"Dulu setiap pimpinan atau KNPI berpikir politik. Bagaimana bisa menjadi gubernur, wakil gubernur, bupati, menteri dan sebagainya. Ke depan, memang bangsa membutuhkan pembetukan politisi yang handal. Tetapi, apa yang mendesak untuk generasi muda khususnya KNPI ke depan adalah memajukan bangsa. Apabila berkelahi untuk memperebutkan kursi di DPR saja maka negeri ini akan saling menjelek-jelekan saja satu sama lain," ujarnya.
JK mengatakan dengan memiliki semangat untuk memajukan bangsa, maka KNPI akan bersatu dan tidak lagi menonjolkan kelompok masing-masing. Ditambah lagi, dengan adanya pikiran profesional, teknologi, kewirausahaan.
Oleh karena itu, di hadapan ratusan simpatisan KNPI, secara tegas JK menantang agar kepengurusan baru gabungan organisasi kepemudaan tersebut memilii program nyata untuk memajukan bangsa dan tidak hanya berpikir soal politik.
"Marilah kita ajak seluruh pimpinan KNPI ke depan selalu semangat dalam pengabdian, pencipta, semangat pikiran negeri ini maju. Bukan semangat politik," kata JK kembali mengingatkan.
Contoh Semangat Pemuda Amerika
Lebih lanjut, JK meminta seluruh pemuda Indonesia untuk meminjam spirit pemuda Amerika Serikat yang maju dalam bidang pertanian, yaitu "hand, heart and hard".
"Artinya, semua dari berpikir, tangan yang kuat bekerja dan hati yang tulus. Kita butuh petani-petani muda yang semangat. Membentuk kelompok petani muda. Scientist (peneliti) muda yang begerlora dan dibutuhkan kelompok seniman-seniman muda," paparnya.
Akhirnya, JK menutup pidatonya dengan kembali menggarisbawahi bahwa semangat yang tetap bergelora dari pemuda akan memajukan bangsa ini. 

Sumber: beritasatu.com
Share On:

0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar anda dengan bijak