Tuesday, February 17, 2015

MUSCAM VI Pemuda / KNPI Kec. Lamala : Risman Tadjudin terpilih sebagai Ketua PK KNPI Kec. Lamala


Salam Pemuda - Senin, 16 Februari 2015, bertempat di BPU Desa Bonebobakal  Kecamatan Lamala, pemuda/KNPI Kecamatan Lamala melaksanakan Musyawarah Kecamatan (MUSCAM) VI. Kegiatan Muscam dibuka secara resmi oleh Camat Lamala Bapak Yunus Lemba Kurapa.

Acara Pembukaan MUSCAM VI yang dilaksanakan dengan tema "Satu Hati, Satu Langkah Wujudkan Kemandirian Pemuda Kecamatan Lamala" tersebut dihadiri oleh para Kades se-kecamatan Lamala, Tokoh Masyarakat/Pemuda dan perwakilan pemuda dari  OKP maupun pemuda desa yang ada di Kecamatan Lamala. Dari unsur DPK KNPI Kabupaten Banggai hadir Andhy P Nazaroeddin, Hardiyanto Djanggih, Imanuel M, Yaners Maukeno, Narwin Larekeng dan Wawan A. Nasir.

Jalannya Pelaksanaan Sidang MUSCAM VI
MUSCAM VI yang dimulai pada pukul 10.00 Wita diawali dengan registrasi peserta dan kemudian sidang dinyatakan quorum dan sah untuk mengambil keputusan oleh Pimpinan Sidang Sementara yang terdiri dari Bung Aruji Mambuhu (Ketua PK KNPI Kec. Lamala), Bung Imanuel M dan bung Hardiyanto Djanggih (unsur DPK KNPI Kab. Banggai). Agenda sidang dilanjutkan dengan pembahasan jadwal acara dan tata tertib Muscam VI. Pada agenda pemilihan pimpinan sidang, pimpinan sidang yang terpilih yaitu bung Imanuel M. (unsur DPK KNPI Kab. Banggai), Wahyudin Bani (unsur PK KNPI Kec. Lamala) dan Budiyanto Hambali (unsur peserta).


Agenda sidang selanjutnya yaitu Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Ketua PK KNPI Kec. Lamala Periode 2011-2014. Bung Aruji selaku ketua pun tampil di hadapan peserta membacakan LPJ. Usai penyampaian, Pimpinan Sidang memberi kesempatan kepada para peserta sidang untuk menanggapi isi LPJ tersebut dan semua peserta memberikan apresiasi dan catatan untuk perbaikan LPJ serta harapan untuk kepengurusan berikutnya. Pada umumnya seluruh peserta menerima LPJ dan kemudian Pimpinan Sidang menyatakan Pengurus KNPI Kecamatan Lamala Periode 2010-2014 demisioner. 

Pimpinan Sidang beralih dari Bung Imanuel M. kepada bung Wahyudin yang memimpin agenda pembagian komisi-komisi. Komisi dalam Muscam VI yaitu Komisi A yang membahas Kriteria dan Tata cara Pemilihan Ketua, Formatur dan MPI KNPI Kecamatan Lamala Periode 2015-2018, Komisi B yang membahas Pokok-pokok Organisasi dan Program Kerja KNPI Kecamatan Lamala dan Komisi C yang membahas Pokok-pokok Pikiran dan Rekomendasi MUSCAM I. Sebelum sidang komisi dimulai, sidang diskorsing untuk istirahat dan makan siang.

Usai makan siang, sidang dilanjutkan dengan agenda sidang komisi dan pembahasan hasil sidang komisi. Pimpinan Sidang yang semula Wahyudin dialihkan kepada Budiyanto Hambali. Secara berurutan masing-masing Pimpinan Sidang komisi menyampaikan hasil sidang komisi yang kemudian ditanggapi peserta dari komisi lainnya dan kemudian disahkan menjadi keputusan Muscam VI.

Usai pembahasan hasil sidang Komisi, sidang dilanjutkan dengan agenda Pemilihan Ketua Pengurus Kecamatan KNPI Kec. Lamala Periode 2015-2018. Bung Imanuel M. kembali memimpin jalannya proses pemilihan. Pimpinan Sidang membuka pendaftaran bakal calon Ketua PK KNPI Kecamatan Lamala Periode 2015-2018. Sampai batas waktu pendaftaran ditutup hanya 3 orang yang mendaftarakan diri sebagai bakal calon ketua, yaitu:
1.     Risman Tadjudin
2.     Sugiyanto S. Mamada
3.     Budiyanto Hambali

Sebagaimana telah diatur dalam Kriteria dan Tata Cara Pemilihan Ketua, setiap bakal calon ketua harus meraih dukungan minimal 20% dari jumlah delegasi peserta untuk bisa ditetapkan menjadi Calon Ketua. Dari hasil perolehan dukungan, Risman Tadjudin  memperoleh 10 dukungan , Sugiyanto memperoleh 3 dukungan dan Budiyanto tidak memperoleh dukungan.

Uji kriteria berdasarkan ART KNPI dilakukan terhadap Risman dan Sugiyanto dua bakal calon yang memenuhi syarat dukungan antara lain usia yang tidak melebih 40 tahun. Setelah dilakukan uji kriteria dan dinyatakan lulus, kedua Calon ketua disilahkan memaparkan Visi dan Misinya kepada peserta Muscam.

Setelah memaparkan Visi dan Misi dari kedua calon ketua, proses pemilihan ketua dimulai. Setiap perwakilan delegasi yang berjumlah 15 perwakilan memberikan hak suaranya dengan menuliskan nama calon ketua yang dipilih melalui kertas suara yang telah disediakan. Hasil perolehan suara dari kedua calon ketua sebagai berikut:
1. Risman Tadjudin : 10 suara
2. Sugiyanto S. Mamada : 5 suara

Pimpinan Sidang pun menyampaikan kepada forum Muscam bahwa bung Risman Tadjudin terpilih sebagai Ketua PK KNPI Kecamatan Lamala Periode 2015-2018.

Untuk membantu Ketua terpilih dalam menyusun komposisi dan personalia kepengurusan, peserta sidang menetapkan Formatur yang terdiri dari:
1. Risman Tadjudin (Ketua terpilih) sekaligus Ketua formatur.
2. Wahyudin Bani (unsur PK demisioner) sebagai anggota
3. Hardiyanto Djanggih (unsur DPK KNPI Kab. Banggai) sebagai anggota
4. Sugiyanto S. Mamada (perwakilan pemuda) sebagai anggota
5. Budiyanto Hambali (perwakilan pemuda) sebagai anggota.

Selanjutnya rapat formatur memilih bung Aruji Mambuhu sebagai Ketua MPI Kecamatan Lamala Periode 2015-2018. Usai penyampaian hasil rapat formatur, sidang MUSCAM VI pemuda / KNPI Kecamatan Lamala pun dinyatakan selesai dan ditutup secara resmi.





Share On:

0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar anda dengan bijak