Monday, January 12, 2015

MUSCAM II Pemuda/KNPI Lobu: Salim Yusuf Khan Terpilih Sebagai Ketua PK KNPI Kecamatan Lobu

Acara Pembukaan Musyawara Kecamatan II Pemuda/KNPI Kecamatan Lobu
Salam Pemuda. Jajaran pengurus DPK KNPI Kabupaten Banggai yang terdiri dari Andhy P. Nazaroeddin (Wakil ketua Bid. Organisasi dan Kaderisasi), Imanuel Monggesang (Wakil Sekretaris Bid. Organisasi dan Kaderisasi), Moh. Narwin Larekeng (Anggota Dep. Organisasi dan Kaderisasi) menghadiri sekaligus mendampingi proses pelaksanaan Musyawarah Kecamatan (MUSCAM) II Pemuda/KNPI Kecamatan Lobu pada hari Minggu, 11 Januari 2015 yang digelar di gedung SD Negeri Lobu. 

MUSCAM II yang dilaksanakan dengan tema "Satu Hati, Satu Langkah Wujudkan Kemandirian Pemuda Kecamatan Lobu" tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Lobu Bapak Z. Lamanda. Turut hadir dalam acara pembukaan antara lain Babinsa Lobu, Pengurus PK KNPI Kecamatan Lobu dan beberapa perwakilan pemuda dari 10 desa yang ada diwilayah Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai.

Jalannya Persidangan MUSCAM II
MUSCAM II diawali dengan registrasi peserta dan kemudian sidang dinyatakan quorum dan sah untuk mengambil keputusan oleh Pimpinan Sidang Sementara yang terdiri dari Bung Mukrim Lamanda (Ketua PK KNPI Kec. Lobu), Bung Andhy P. Nazaroeddin dan Bung Imanuel Monggesang (unsur DPK KNPI Kab. Banggai). Agenda sidang dilanjutkan dengan pembahasan jadwal acara dan tata tertib Muscam II dan kemudian memilih Pimpinan Sidang Muscam II. Pimpinan sidang yang terpilih yaitu bung Imanuel Monggesang (unsur DPK KNPI Kab. Banggai), bung Murnop (unsur PK KNPI Kec. Bualemo) dan bung Sukri (unsur peserta).

Pimpinan Sidang MUSCAM II
Agenda sidang selanjutnya yaitu Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Ketua PK KNPI Kec. Lobu Periode 2011-2014. Bung Mukrim Lamanda selaku ketua pun tampil di mimbar yang telah disediakan dan membacakan LPJ. Usai pemyampaian, Pimpinan Sidang memberi kesempatan kepada para peserta sidang untuk menanggapi isi LPJ tersebut dan semua peserta menerima LPJ dan Pimpinan Sidang kemudian menyatakan Pengurus KNPI Kecamatan Lobu Periode 2011-2014 demisioner.

Pimpinan Sidang beralih dari Bung Imanuel Monggesang kepada Bung Sukri yang memimpin agenda pembagian komisi-komisi. Komisi dalam Muscam II yaitu Komsisi A yang membahas Kriteria dan Tata cara Pemilihan Ketua, Formatur dan MPI KNPI Kecamatan Lobu Periode 2015-2018, Komisi B yang membahas Pokok-pokok Organisasi dan Program Kerja KNPI Kecamatan Bualemo dan Komisi C yang membahas Pokok-pokok Pikiran dan Rekomendasi MUSCAM II. Namun, sebelum sidang komisi, sidang di skorsing untuk istirahat makan siang. Usai makan siang sidang dilanjutkan dengan agenda sidang komisi.






Pada pukul 14.30 Wita, sidang dilanjutkan dengan agenda pembahasan hasil sidang komisi. Secara berurutan masing-masing Pimpinan komisi menyampaikan hasil sidang komisi yang kemudian ditanggapi peserta dari komisi lainnya. Perdebatan sempat alot pada pembahasan hasil sidang Komisi A tentang syarat-syarat calon Ketua yang diharuskan berpendidikan minimal SMA/sederajat. Peserta akhirnya sepakat bahwa Ketua terpilih harus berpendidikan minimal SMA/sederajat

Usai pembahasan hasil sidang Komisi, sidang dilanjutkan dengan agenda Pemilihan Ketua Pengurus Kecamatan KNPI Kec. Lobu Periode 2015-2018. Bung Imanuel Monggesang kembali memimpin jalannya proses pemilihan. Di awali tahapan pendaftaran bakal calon ketua yang dibuka dalam waktu 10 menit. Setelah batas waktu pendaftaran ditutup, terdapat 4 (empat) bakal calon ketua yaitu;
1. Moh. Syarif Apaladu.
2. Noprio Nento
3. Salim Yusuf Khan.
4. Lusiana Udopo
Sebagaimana telah diatur dalam Kriteria dan Tata Cara Pemilihan Ketua, setiap bakal calon ketua harus meraih dukungan minimal 20% dari jumlah delegasi peserta untuk bisa ditetapkan menjadi Calon Ketua.Tahapan pengumpulan dukungan peserta pun di mulai. Dari 8 perwakilan pemuda yang hadir, bung Moh Syarif Apaladu meraih 1 dukungan, bung Noprio Nento meraih 2 dukungan, bung Salim Yusuf Khan meraih 4 dukungan dan Lusianan Udopo meraih 1 dukungan. Dengan demikian maka hanya bung Noprio Nento dan bung Salim Yusuf Khan yang memenuhi syarat untuk menjadi Calon Ketua. 

Calon Ketua PK KNPI Lobu

Pimpinan sidang pun melakukan uji kriteria berdasarkan ART KNPI antara lain usia yang tidak melebih 40 tahun. Setelah dilakukan uji krteria dan dinyatakan lulus, Calon ketua disilahkan memaparkan Visi dan Misinya kepada peserta Muscam.

Usai keduanya memaparkan Visi dan Misinya, proses pemilihan Ketua PK KNPI Lobu dimulai. Sebanyak 10 perwakilan peserta menggunakan hak suaranya untuk memilih secara tertutup memalui kertas suara yang telah disediakan panitia.

Hasil pemilihan peserta, bung Noprio Nento mendapat 4 suara dan bung Salim Yusuf Khan mendapatkan 6 suara, dengan demikian bung Salim Yusuf Khan kemudian ditetapkan oleh Pimpinan Sidang sebagai Ketua terpilih PK KNPI Lobu Periode 2015-2018.

Selanjutnya proses pemilihan Ketua MPI Kecamatan Bualemo, seluruh peserta sepakat memilih bung Jasri Maladjai sebagai Ketua MPI Kecamatan Lobu Periode 2015-2018.

Untuk membantu Ketua terpilih dalam menyusun komposisi dan personalia kepengurusan, peserta sidang menetapkan Formatur yang terdiri dari:
1. Salim Yusuf Khan (Ketua terpilih) sekaligus Ketua formatur.
2. Mukrim Lamanda  (unsur PK demisioner) sebagai anggota
3. Andhy P. Nazaroeddin (unsur DPK KNPI Kab. Banggai) sebagai anggota
4. Jasri Maladjai (Ketua MPI terpilih) sebagai anggota
5. Lusiana Udopo (unsur peserta) sebagai anggota.

Pemilihan Formatur merupakan agenda terakhir dari sidang dalam MUSCAM IV KNPI Kecamatan Lobu sehingga usai pemilihan tersebut, sidang pun dinyatakan selesai pada pukul 17.00 Wita.

Share On:

0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar anda dengan bijak