Friday, January 23, 2015

MUSCAM IV Pemuda / KNPI Pagimana : Herdianto Djiada Terpilih kembali memimpin PK KNPI Pagimana



Salam Pemuda - Kamis, 22 Januari 2015, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Pagimana, pemuda/KNPI Kecamatan Pagimana melaksanakan Musyawarah Kecamatan (MUSCAM) IV. Kegiatan Muscam dibuka secara resmi oleh Camat Pagimana Bapak Syarifudin Hinelo.

Acara Pembukaan MUSCAM IV yang dilaksanakan dengan tema "Satu Hati, Satu Langkah Wujudkan Kemandirian Pemuda Kecamatan Pagimana" tersebut dihadiri oleh Danramil Pagimana, Kapolsek Pagimana, Andhy P. Nazaroeddin (Wakil Ketua DPK KNPI, Kab. Banggai), Imanuel, Moh. Narwin Larekeng dan Yaners Maukeno (DPK KNPI), beberapa Lurah/Kepala Desa, Tokoh Masyarakat/Pemuda dan perwakilan pemuda dari 34 desa/kelurahan serta 4 OKP yang ada di Kecamatan Pagimana.
.
Jalannya Pelaksanaan Sidang MUSCAM IV

MUSCAM IV diawali dengan registrasi peserta dan kemudian sidang dinyatakan quorum dan sah untuk mengambil keputusan oleh Pimpinan Sidang Sementara yang terdiri dari Bung Herdianto Djiada (Ketua PK KNPI Kec. Toili Barat), Bung Andhy P. Nazaruddin dan Bung Imanuel M. (unsur DPK KNPI Kab. Banggai). Agenda sidang dilanjutkan dengan pembahasan jadwal acara dan tata tertib Muscam IV dan kemudian memilih Pimpinan Sidang Muscam IV. Pimpinan sidang yang terpilih yaitu bung Imanuel M. (unsur DPK KNPI Kab. Banggai), bung Rusli Molo (unsur PK KNPI Kec. Pagimana) dan bung Muflin (unsur peserta).

Agenda sidang selanjutnya yaitu Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Ketua PK KNPI Kec. Pagimana Periode 2011-2014. Bung Herdianto Djiada selaku ketua pun tampil di mimbar yang telah disediakan dan membacakan LPJ. Usai pemyampaian, Pimpinan Sidang memberi kesempatan kepada para peserta sidang untuk menanggapi isi LPJ tersebut dan semua peserta menerima dengan beberapa catatan perbaikan LPJ dan Pimpinan Sidang kemudian menyatakan Pengurus KNPI Kecamatan Pagimana Periode 2011-2014 demisioner.


Pimpinan Sidang beralih dari Bung Imanuel M. kepada Bung Rusli Molo yang memimpin agenda pembagian komisi-komisi. Komisi dalam Muscam IV yaitu Komsisi A yang membahas Kriteria dan Tata cara Pemilihan Ketua, Formatur dan MPI KNPI Kecamatan Pagimana Periode 2015-2018, Komisi B yang membahas Pokok-pokok Organisasi dan Program Kerja KNPI Kecamatan Pagimana dan Komisi C yang membahas Pokok-pokok Pikiran dan Rekomendasi MUSCAM IV. Namun, sebelum sidang komisi, sidang di skorsing untuk istirahat makan siang. Usai makan siang sidang dilanjutkan dengan agenda sidang komisi.

Pada pukul 13.30 Wita, sidang dilanjutkan dengan agenda pembahasan hasil sidang komisi. Pimpinan Sidang yang semula bung Rusli Molo dialihkan kepada Bung Muflin. Secara berurutan masing-masing Pimpinan Sidang komisi menyampaikan hasil sidang komisi yang kemudian ditanggapi peserta dari komisi lainnya. 

Usai pembahasan hasil sidang Komisi, sidang dilanjutkan dengan agenda Pemilihan Ketua Pengurus Kecamatan KNPI Kec. Pagimana Periode 2015-2018. Bung Imanuel M. kembali memimpin jalannya proses pemilihan. Di awali tahapan pendaftaran bakal calon ketua yang dibuka dalam waktu 5 menit. Setelah batas waktu pendaftaran ditutup, terdapat 2 (dua) bakal calon ketua yaitu;
1. Herdianto Djiada.
2. Meliyanti L.

Sebagaimana telah diatur dalam Kriteria dan Tata Cara Pemilihan Ketua, setiap bakal calon ketua harus meraih dukungan minimal 20% dari jumlah delegasi peserta untuk bisa ditetapkan menjadi Calon Ketua. Tahapan pengumpulan dukungan peserta pun di mulai. Dari 11 perwakilan pemuda yang hadir, bung Herdianto Djiada memperoleh 11 dukungan dan Meliyanti L. tidak ada dukungan. Dengan demikian maka hanya bung Herdianto Djiada yang memenuhi syarat untuk menjadi Calon Ketua. Pimpinan sidang pun melakukan uji kriteria berdasarkan ART KNPI antara lain usia yang tidak melebih 40 tahun. Setelah dilakukan uji kriteria dan dinyatakan lulus, Calon ketua disilahkan memaparkan Visi dan Misinya kepada peserta Muscam.


Usai memaparkan Visi dan Misinya, Pimpinan Sidang pun menyampaikan kepada forum Muscam bahwa bung Herdianto Djiada terpilih secara aklamasi dan peserta pun setuju dan kemudian bung Herdianto Djiada ditetapkan oleh Pimpinan Sidang sebagai Ketua PK KNPI Kecamatan Pagimana Periode 2015-2018.

Selanjutnya proses pemilihan Ketua MPI Kecamatan Bualemo, seluruh peserta sepakat memilih bung Abd. Haris sebagai Ketua MPI Kecamatan Pagimana Periode 2015-2018.

Untuk membantu Ketua terpilih dalam menyusun komposisi dan personalia kepengurusan, peserta sidang menetapkan Formatur yang terdiri dari:
1. Herdianto Djiada (Ketua terpilih) sekaligus Ketua formatur.
2.                                (unsur PK demisioner) sebagai anggota
3. Andhy P. Nazaroeddin (unsur DPK KNPI Kab. Banggai) sebagai anggota
4. Abd. Haris (Ketua MPI terpilih) sebagai anggota
5. Muflin (unsur peserta) sebagai anggota.

Pemilihan Formatur merupakan agenda terakhir dari sidang dalam MUSCAM IV KNPI Kecamatan Pagimana sehingga usai pemilihan tersebut, sidang pun dinyatakan selesai dan dilanjutkan dengan Acara Penutupan. 

Tepat pukul 14.30 Wita, MUSCAM IV Pemuda/KNPI Kecamatan Bualemo ditutup dan berfoto bersama.




Share On:

0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar anda dengan bijak