Friday, January 17, 2014

9 Organisasi Mahasiswa "Kelompok Cipayung Plus" Sampaikan Petisi Pemilu 2014 ke KPU


Foto: Iqbal/Detikcom

Jakarta - Sebanyak 9 organisasi kepemudaan mendatangi kantor KPU di Jakarta Pusat, menyerukan 9 petisi terkait pelaksanaan Pemilu 2014. Mereka menilai Pemilu yang tinggal 3 bulan lagi masih terdapat banyak masalah.

9 Organisasi kepemudaan yang tergabung dalam 'Cipayung Plus' itu adalah PMII, PMKRI, KMHDI, IMM, GMNI, GMKI, KAMMI, HMI, HIKMAHBUDHI. Perwakilan organisasi tersebut mendatangi kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Kamis (16/1/2013).

Berikut 'Petisi 9' yang mereka teken dan disampaikan ke KPU, diterima oleh ketua KPU Husni Kamil Manik:
  1. Seluruh elemen nasional harus fokus menyelesaikan tugas dan tanggungjawab masing-masing sehingga segera mengatasi persoalan tahapan Pemilu yang terjadi hari ini.
  2. Menyerukan kepada seluruh peserta Pemilu untuk mengedepankan politik moral dan kebangsaan, menghentikan praktek politik uang, berkomitmen atasi janji politiknya dan mentaati serta melaksanakan seluruh peraturan pemilu secara konsisten.
  3. Menuntut penyelenggara Pemilu, birokrasi, TNI/Polri untuk netral dan menjaga integritas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab secara optimal dan bertindak tegas kepada setiap pihak yang melanggar aturan.
  4. Menutut partisipasi aktif KPK, PBK, dan PPATK dalam memantau sumber, penggunaan dan pelaporan dana kampanye partai politik, caleg, capres dan cawapres. 
  5. Mendorong penyelenggara Pemilu untuk melibatkan seluruh elemen mahasiswa dalam mengawal proses Pemilu 2014.
  6. Menyerukan kepada pemimpin bangsa dan para tokoh untuk bersatu menyuarakan, mengawal dan menjaga proses Pemilu 2014.
  7. Menyerukan kepada seluruh rakyat dan mahasiswa untuk secara sadar dan berkualitas menggunakan hak pilihnya serta mengawal proses Pemilu 2014.
  8. Cipayung plus beserta seluruh kadernya se-Indonesia berkomitmen untuk melakukan pendidikan pemilih, pengawasan dan pembentukan relawan pemanta.
  9. Cipayung plus menuntut penyelenggara pemilu dan peserta pemilu untuk melakukan fakta integritas demi terciptanya pemilu demokratis dan berkualitas. Jika fakta integritas tak dilaksanakan, Cipayung Plus akan menempuh langkah hukum dan konstitusional.


Sumber:  Detikcom
Share On:

0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar anda dengan bijak