Sunday, September 28, 2014

Diskusi Terbuka KWB: Batia, Pentingnya Pemberdayaan Pemuda Kabupaten Banggai



Salam Pemuda. Menyikapi arah pembangunan menjelang momentum transisi kepemimpinan daerah di Kabupaten Banggai pada 2015-2020, Sabtu, 27 Setember 2014, Komunitas Wartawan Banggai (KWB) menyelenggarakan Diskusi Terbuka dengan topik "Quo Vadis kabupaten Banggai 2015-2020 (menatap masa depan yang lebih baik)". 

Diskusi yang dimulai pada pukul 21.00 Wita di salah satu warung kopi Luwuk Shoping tersebut menghadirkan nara sumber yaitu Hj. Batia Sisilia Hadjar, SE.,MM (Ketua DPK KNPI Banggai), Sutrisno K. Djawa (unsur akademis/Wakil Rektor Unismuh Luwuk), Iswan Kurnia Hasan (Ketua DPC Partai PKS Kab. Banggai) dan Moh. Riffai Matorang (Ketua DPC Partai NasDem Kab. Banggai). 

Batia Sisilia Hadjar dalam pengantar diskusi mengemukakan pentingnya perhatian semua pihak pada pemberdayaan pemuda. hal ini didasari jumlah penduduk Kab. Banggai berdasarkan data BPS Kab. Banggai Tahun 2013 sebanyak 342.698 jiwa. Dari total jumlah penduduk tersebut, 42,36 % atau sejumlah 145.153 jiwa adalah pemuda dalam pandangan usia KNPI. Sehingga besarnya kuantitas pemuda harus dibarengi dengan kualitas maka peningkatan sumber daya manusia khususnya pemuda di Kabupaten Banggai merupakan suatu keharusan agar mampu bersaing di era AFTA/AEC 2015. Hadirnya investasi Migas, nikel dan perkebunan skala besar harus mampu dimaknai sebagai peluang membuka lapangan kerja dan usaha baru untuk mengurangi angka pengangguran, diantaranya dengan memberi pelatihan kewirausahaan bagi para pemuda. Disamping itu juga perlu perbaikan di sektor pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana lainnya.

Unsur  yang hadir dalam diskusi tersebut antara lain anggota DPRD Kab. Banggai, jurnalis, LSM, OKP, dan masyarakat umum.



*IM
Share On:

4 komentar:

Berilah komentar anda dengan bijak